APA ITU KARTOGRAFI

General Consultan

APA ITU KARTOGRAFI

Kartografi atau pembuat peta adalah studi dan praktik membuat peta atau globe, artinya kartografi selalu berhubungan serta membahas secara khusus tentang pembuatan peta serta interpretasinya. Peta secara tradisional sudah dibuat menggunakan pena dan kertas,  tetapi munculnya dan penyebaran komputer sudah merevolusionerkan kartografi, banyak peta komersial yang bermutu sekarang dibuat dengan perangkat lunak pembuatan peta yang merupakan salah satu diantara tiga macam utama : CAD (desain barbatuan komputer ), GIS (sistem informasi geografis), dan perangkat lunak ilustrasi peta yang khusus.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology, ICT) serta perubahan mendasar dari perangkat keras komputer, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pemecahan suatu masalah dengan memanfaatkan data dan informasi geospasial (geospatial awareness).

Kebutuhan akan informasi geospasial tidak hanya berupqa peta atau bentuk visualisasi lainnya saja melainkan juga dalam bentuk sistem informasi berbasis geospasial (geospatial information system). Bahkan para pengambil keputusan atau penentu kebijakan membutuhkan sistem yang lebih bersifat penentuan rencana-rencana aksi (action plan) yaitu sistem pendukung keputusan berbasis geospasial dan mengkombinasikannya dengan sistem lainnya yang bertujuan agar para pengmbil keputusan dapat segera menentukan tindakan-tindakan yang perlu diambil dalam memecahkan suatu masalah.

Pengertian kartografi menurut para ahli

  • Menurut ICA (International Cartograph)(1973)

Kartografi adalah seni, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembuatan peta bersamaan dengan studi pembelajarannya sebagai dokumen ilmiah dan seni.

  • Menurut UN (1949)

Kartografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menyiapkan segala jenis peta dan chart termasuk setiap kegiatan mulai dari pengukuran lapangan sampai pencetakan akhir. Kemudian, karena kajiannya dirasa oleh para kartografi terlalu luas, maka diadakan konferensi h yang tergabung dalam ICA (international cartograph association) menghasilkan batasan baru.

  • (Prihandito, 1989) Kartografi adalah ilmu dan teknik pembuatan peta.
  • Menurut Rystedt B.(2001) dalam trends and Developments in Cartography :

Kartografi adalah disiplin ilmu yang menyatukan (dealing) anata peta dan pemetaan. Kartografi menyatukan (deals) tampilan/representasi dari dua fenomena geografi, yaitu fenomena geografi nyata dan virtual. Basis data geografi dan realita virtual adalah hasil dari proses pemetaan, yang merupakan transformasi dan realita ke sebuah tampilan/representasi digital.

Perkembangan kartografi

Perkembangan kartografi sangat kuat dipengaruhi oleh beberapa perkembangan, khusunya dalam ilmu visualisasi dan pemahaman arti kata visualisasi. Perkembangan tersebut berhubungan dengan cara-cara spesifikasi pemanfaatan teknologi modern dengan menggunakan komputer yang dapat memfasilitasi proses pembuatan secara nyata (making visible) dalam waktu yang jelas untuk memperkuat ilmu pengetahuan.

Pada mulanya komputer digunakan untuk mengotomatiskan tugas-tugas dalam pemetaan, misalnya perhitungan proyeksi dan plotting garis lintang bujur atau graticule pada peta. Hal ini memungkinkan untuk memetakan suatu daerah dengan proyeksi yang berbeda, berdasar pada kombinasi file digital yang sama dengan parameter transformasi yang berbeda-beda secara bertahap, para ahli kartografi menyadari akan potensi untuk menganalisa data digital dengan komputer hal itu menjadi jelas bahwa dengan bantuan komputer seseorang dapat melakukan perhitungan-perhitungan pada peta yang telah di digitasi, dapat menentukan jarak, luasan/area dan volume, jauh lebih tepat disbanding dila dilaksanakan dengan menggunakan peta kertas/ peta cetak.

Fungsi kartografi sebagai pendukung sistem informasi geografis

Peta memainkan perang yang sangat penting dalam proses analisis geospasial, hasil operasi analisis geospasial dapat di tampilkan dalam peta yang didesain dengan baik sehingga dapat di pahami dengan mudah oleh public. Disiplin kartografi menyediakan aturan desain tersebut secara baku bebrapa alas an bahwa kartografi dianggap sebagai pendukung penting untuk seluruh aspek dalam menangani SIG, antara lain:

  • Peta merupakan tampilan SIG secara langsung dan interaktif, yang menggambarkan dimensi geospasial
  • Peta dapat digunakan sebagai indeks visual fenomena suatu objek yang terkandung dalam suatu sistem informasi
  • Peta sebagai bentuk visualisasi, dapat membantu eksplorasi data secara visual dan komunikasi visual hasil dari suatu SIG
  • Sebagai output, perangkat lunak desain interaktif dari desktop kartografi mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai output dari SIG yang mutakhir

Dari empat dasar visual dalam SIG (eksplorasi,analisis, penyajian dan akses data), pada saat membuat peta untuk mengkomunikasikan informasi geospasial, penggunaan kaidah kartografi sangat diperlukan guna menghasilkan sajian peta yang lebih efektif. Namun demikian karena kaidah kartografi tersebut bukan merupakan bagian dari perangkat lunak SIG, maka penggunaan SIG dalam membuat peta tanpa mengikuti kaidah-kaidah kartografi.

Produk kartografi dan contoh kartografi

  • Sketsa adalah gambar keadaan suatu wilayah sempit dalam bentuk garis besar dan memuat sedikit informasi. Faktor kebenaran ukuran dan bentuk obyek tidak diutamakan.
  • Peta adalah gamabaran suatu objek tertentu pda bidang datar, yang digambarkan dengan memperhitungkan kebenaran ukuran, kedudukan, proyeksi, dan arah mata angina
  • Peta timbul atau peta relief adalah gambaran suatu wilayah yang diwujudkan dalam bentuk 3D, sehingga bentuk-bentuk relief wilayah tersebut Nampak
  • Maket atau miniatur adalah gamabran suatu wilyah yang diwujudkan dalam bentuk 3D, yang biasanya berskala besar dan menggambarkan daerah sempit serta kenampakannya detil dan mirip dengan objek aslinya (padanya ditambahkan model-model objek yang ada seperti rumah, pohon, mobil dsb
  • Atlas adalah buku yang berisi peta-peta Negara dan disetai diagram, gambar, data statistic, uraian penjelasannya, dan berwarna.
  • Globe adalah gamabaran wilayah permukaan bumi dalam bentuk bola, jadi globe bukan merupakan peta tetapi model dari bola bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *