Macam-Macam Jenis Citra

General Consultan

Macam-Macam Jenis Citra

Macam-Macam Jenis Citra
  1. Satelit Landsat (land satelite)

Citra Landsat TM merupakan salah satu jenis citra satelit penginderaan jauh yang dihasilkan dari sistem penginderaan jauh pasif. Landsat memiliki 7 saluran dimana tiap saluran menggunakan panjang gelombang tertentu. Satelit landsat merupakan satelit dengan jenis orbit sunsynkron ( mengorbit bumi dengan hampir melewati kutub, memotong arah rotasi bumi dengan sudut inklinasi 98,2 derajat dan ketinggian orbitnya 705 km dari permukaan bumi. Luas liputan per scene 185 km x 185 km. Landsat mempunyai kemampuan untuk meliput daerah yang sama pada permukaan bumi pada setiap 16 hari, pada ketinggian orbit 705 km ( sitanggang, 1999 dalam ratnasari, 2000). Fungsi dari satelit landsat adalah untuk pemetaan penutupan lahan, pemetaan penggunaan lahan, pemetaan tanah, pemetaan geologi, dan pemetaan suhu permukaan laut.

  1. Satelit Spot

Merupakan satelit milik perancis yang mengusung pengindera HRV (SPOT 1,2,3,4) dan HRG (SPOT5). Satelit ini mengorbit pada ketinggian 830 km dengan sudut inklinasi 80 derajat. Satelit SPOT memiliki keunggulan pada sistem sensornya yang membawa dua sensor identik yang disebut HRVIR (haute resolution visibel infrared). Fungsi dari satelit SPOT adalah untuk akurasi monitoring secara global.

  1. Satelit ASTER ( advance spaceborne emission and reflecton radiometer)

Satelit yang dikembangkan negara jepang, dimana sensor yang dibawa terdiri dari VNIR, SWIR, dan TIR. Satelit ini memiliki orbit sunshyncronus yaitu orbit satelit yang menyelaraskan pergerakan satelit dalam orbit presisi bidang orbit dan pergerakan bumi mengelilingi matahari, sedemikian rupa sehingga satelit tersebut akan melewati lokasi tertentu di permukaan bumi selalu pada waktu lokal yang sama setiap harinya.

  1. Satelit Quickbird

Merupakan satelit resolusi tinggi dengan resolusi spasial 61 cm, mengorbit pada ketinggian 450 km secara sinkron matahari, satelit ini memiliki dua sensor utama yaitu pankromatik dan multispektral. Quickbird diluncurkan pada bulan oktober 2001 di California, AS. Quickbird memiliki 4 saluran (band). Fungsi dari satelit quickbird adalah untuk mendukung aplikasi kekotaan, pengenalan pola pemukiman, perluasan daerah terbangun, menyajikan variasi fenomena yang terkait dengan kota, dan untuk lahan pertanian, terkait dengan umur, kesehatan dan kerapatan tanaman semusim, sehingga seringkali dipakai untuk menaksir tingkat produksi secara regional.

  1. Satelit Ikonos

Ikonos adalah satelit resolusi tinggi yang diluncurkan bulan september 1999. Merekam data multispektral 4 kanal pada resolusi 4m. Ketinggian orbitnya 681 km. Citra resolusi tinggi cocok untuk analisis detail, misalnya wilayah perkotaan tapi tidak efektif apabila digunakan analisis yang bersifat regional. Fungsi dari satelit ikonos adalah untuk pemetaan topografi dari skala kecil hingga menengah, menghasilkan peta baru, memperbaharui peta topografi yang sudah ada, dan mengoptimalkan penggunaan pupuk dan herbisida.

  1. Satelit Geoeye

GeoEye-1 merupakan satelit pengamat bumi yang pembuatannya disponsori oleh google dan nasional geospatial-intelligence agency (NGA) yang diluncurkan pada 6 september 2008 dari vandenberg air force base, california, AS. Satelit ini mampu memetakan gambar dan resolusi gambar yang sangat tinggi dan merupakan satelit komersial dengan pencitraan gambar tertinggi yang ada di orbit bumi saat ini.

  1. Terra

Terra adalah sebuah citra satelit yang merupakan sebuah spectrometer citra beresolusi tinggi. Yang dapat mengamati tempat yang sama di permukaan bumi setiap hari. Fungsi dari citra satelit ini adalah untuk pengamatan vegetasi. Radiasi permukaan bumi, pendeteksian tutupan lahan, pendeteksian kebakaran hutan dan pengukuran suhu pengukuran bumi.

  1. The Indian Remote Sensing (IRS)

IRS adalah sistem satelit untuk menyediakan informasi manajemen sumberdaya alam yang berharga. Fungsi dari citra satelit ini adalah untuk perencanaan perkotaan dan manajemen bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *